Minggu, 10 Juni 2012

Cara mengatasi ponsel Android yang tidak mau start atau tidak bisa dinyalakan (Boot Loop)

Sebenarnya saya sudah pernah membahas topik ini yang saya tulis pada artikel “Cara mengatasi Samsung Galaxy Mini yang terkunci”. Namun, karena cukup banyak pengguna Android yang menggunakan handphone dari jenis dan merk lain yang menanyakan cara memberbaiki handphone Android yang tidak mau start,boot loop, lupa pin, password atau salah memasukkan pola (pattern) kunci, maka pada artikel kali saya akan menginformasikan cara melakukan factory resethandphone Android melalui Recovery Mode secara lebih umum.



Apa itu Factory Reset (Reset Data Pabrik) Android?
Factory reset adalah suatu cara untuk mengembalikan software handphone/tablet Android ke kondisi seperti baru keluar dari pabrik. Factory reset pada umumnya dapat menyelesaikan hampir semua masalah yang disebabkan oleh kerusakan software. Sebagai catatan, proses factory reset akan menghapus semua data dan aplikasi yang tersimpan di memori internal telepon / tablet Android.
Pada umumnya Factory Reset dapat dilakukan melalui menu Settings (pengaturan) > Privacy (privasi) > Factory data reset (reset data pabrik). Namun bila kondisi handphonenya tidak mau start atau tidak mau masuk ke menu, maka untuk melakukan factory reset, harus melalui recovery mode.
Apa itu Recovery Mode Android?
Recovery mode Android pada dasarnya adalah suatu menu Android yang berguna untuk recovery atau memperbaiki kerusakan software Android. Pada beberapa tipe handphone, upgrade software dapat juga dilakukan langsung melalui recovery modeTidak semua tablet / handphone Android memiliki recovery mode, namun pada beberapa tipe Android, hal ini dapat diatasi dengan menginstall recovery mode buatan pihak ketiga, misalnya ClockwordMod recovery atau xRecovery.
Recovery mode akan sangat berguna bila Anda mengalami hal-hal sebagai berikut:
  1. Bila handphone Android tidak dapat start atau hanya berhenti di logo saja (biasa disebut boot loop Android). Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, misalnya akibat ada aplikasi yang error atau baru saja menginstall aplikasi yang tidak kompatibel dengan tipe handphone (dalam banyak kasus, setelah menginstall font changer).
  2. Bila handphone Android dapat dinyalakan, namun tidak mau merespon inputdari pengguna, misalnya layar Android tidak mau disentuh atau tidak dapat masuk ke menu telepon / tablet.
  3. Bila Anda lupa PIN, Password atau Anda terlalu banyak melakukan percobaan menggambar pola (pattern) pengunci ponsel Android yang menyebabkan Anda tidak dapat masuk ke menu.
  4. Kerusakan-kerusakan software Android lainnya.
Untuk melakukan factory reset via recovery mode secara garis besar dapat dilakukan dengan dua langkah mudah berikut. Namun sebelumnyado with your own risk (DWYOR) atau resiko ditanggung sendiri ok ;)
Berikut caranya:
Tahap 1: Masuk ke recovery mode
Untuk dapat masuk ke recovery mode Android, Anda harus mematikan dulu handphone / tabletnya > tekan dan tahan beberapa tombol Android secara bersamaan (misalnya tombol vol Up + Vol Down + power secara bersamaan) > Anda akan masuk ke dalam recovery mode.
Cara masuk recovery mode (tombol yang harus ditekan)  bisa berbeda-beda antara satu tipe HP dengan tipe lainnya.
Recovery mode tampilannya hanya berupa tulisan saja. Dan didalam recovery mode,  pada umumnya Anda tidak dapat menggunakan layar sentuhnya, jadi untuk navigasi naik dan turun, biasanya menggunakan tombol volume (tergantung tipe handphone Android).
Berikut contoh tampilan recovery mode Android:
Tahap 2: Lakukan Wipe Data / Factory Reset
Setelah berhasil masuk ke recovery mode, yang Anda harus lakukan tinggal memilih fitur “Wipe Data / Factory Reset” setelah itu restart handphone Anda.
Agar Anda tidak bingung, berikut contoh cara melakukan factory reset pada handphone Android Samsung Galaxy Young:
  1. Pastikan baterai masih cukup banyak (minimal 70%)
  2. Matikan handphone
  3. Tekan dan tahan tombol Volume Up + tombol HOME + tombol Powersecara bersamaan selama beberapa detik > Anda akan masuk ke recovery mode Android
  4. Dengan menggunakan tombol Volume, arahkan kursor hingga berada di tulisan “Factory reset / wipe data”
  5. Tekan tombol HOME untuk memulai proses > harap sabar saat proses berlangsung
  6. Reboot handphone
Jadi, bila Anda mengalami boot loop pada handphone Android atau Anda lupa akan kata sandi atau pengunci pola handphone Android, yang perlu Anda lakukan hanyalah masuk ke recovery mode > lakukan Factory Reset / Wipe data.Sekarang yang menjadi masalah adalah banyak orang yang tidak mengetahui cara masuk recovery mode tablet / handphone Android miliknya.
Berikut adalah cara masuk recovery mode beberapa tipe handphone Android, bila ada tambahan tipe lainnya akan saya update di artikel ini. (diurutkan berdasarkan abjad merk handphone)
Note: Untuk masuk ke recovery mode, semuanya dilakukan dari kondisi handphone mati (off)
Catatan: Untuk kasus BootLoop, jika setelah dilakukan factory reset ternyata tidak menyelesaikan masalah (perangkat Android tetap tidak bisa masuk ke menu), maka untuk mengatasinya pada umumnya dengan cara melakukan flash firmware atau menginstall ulang sistem operasi handphone).
Cara flash firmware tiap handphone atau tablet Android bisa berbeda-beda dari satu tipe dengan tipe yang lain. Bila Anda ingin melakukan flash firmware dan ingin mengetahui caranya,  coba cari informasi melalui forum-forum Android, salah satunya melalui komunitas KasKus klik disini.
ACER
Cara masuk recovery mode Acer BeTouch E210:
Tekan Tombol Volume Down + Camera + Power Secara bersamaan > Ikuti petunjuk yang ada di layar (Thanks to Rio)
Cara masuk recovery mode Acer Liquid Metal:
Caranya sama seperti Acer BeTouch E210
CROSS
Cara masuk recovery mode Cross AD350 Android:
Tekan tombol HOME + Volume Down + Tekan tombol Power > akan muncul tanda /!\ > tekan tombol HOME (Thanks to Lafit)
CSL
Cara Masuk recovery mode Blueberry CSL Mi 410 Android:
Tekan dan tahan tombol Volume Up Volume Down + Power secara bersamaan > setelah itu tekan tombol HOME
Cara Masuk recovery mode Blueberry CSL Mi 320 Android:
Tekan Trackpad + tombol Volume Up + Power bersamaan
HUAWEI
Cara masuk recovery mode Huawei X3:
Tekan dan tahan tombol vol up + tombol Power
Cara masuk recovery mode Huawei X5:
Sama dengan X3, yaitu tekan dan tahan tombol vol up + tombol Power
Recovery Mode Huawei S7
Tekan tombol MENU + Call + Power
Recovery Mode Ideos C8150 (AHA Touch)
Tekan tombol Call + Volume Up + Tombol Power
IVIO
Cara masuk recovery mode IVIO DE88 (thanks to Priadi)
Tekan dan tahan Tombol Camera + Tombol HOME > tunggu hingga muncul logo Android, langsung tekan tombol MENU+BACK bersamaan. Navigasi menggunakan tombol Volume, untuk memilh atau OK gunakan tombol Camera.
SAMSUNG
Cara masuk recovery mode Samsung Galaxy Mini, Samsung Galaxy Ace dan Samsung Galaxy Fit Android:
Info lebih lengkap dapat membaca artikel: “Cara mengatasi Samsung Galaxy Mini yang terkunci” (klik)
Cara masuk recovery mode Samsung Galaxy Gio
Tekan tombol HOME + tombol Power
Cara masuk recovery mode Samsung Galaxy 551:
Tekan tombol huruf + tombol Power. Untuk navigasi atas bawah dapat menggunakan tombol panah, sedangkan untuk melakukan pilihan menggunakan tombol Shift.
Cara masuk Recovery mode Samsung Galaxy Pro:
Tekan tombol T + Tombol Power
Cara masuk Recovery Mode Samsung Galaxy Y (Young) GSM:
Tekan tombol Vol Up + tombol HOME + tombol Power secara bersamaan selama beberapa detik.
Cara Masuk Rec Mode Samsung Galaxy Y (Young) CDMA:
Matikan HP > Tekan tombol Power, saat muncul logo Samsung > tekan tombol VOL UP sampai masuk ke recovery Mode. Kalau handphone menyala normal masuk ke menu seperti biasa, matikan handphone lagi dan ulangi proses dari awal.
Cara Masuk Recovery Mode Samsung Galaxy W (Wonder):
  1. Matikan handphone
  2. Tekan tombol Volume Up + Tombol HOME (tombol tengah) + TombolPower secara bersamaan > tunggu sampai keluar logo “Samsung”, setelah itu segera lepas tombol ketiga tombol tersebut, dimulai dari tombol power terlebih dahulu.
  3. Bila muncul logo Android / gambar kotak dan anak panah > tekan tombolMENU (tombol sebelah kiri dari tombol HOME). Bila tidak berhasil masuk ke recovery mode, ulangi lagi tahap 1.
Cara Masuk Recovery Mode Samsung Galaxy Tab 7″ (P1000) / Tab 7 Plus (P6200)
Matikan Tablet lalu Tekan tombol Volume UP + Tombol Power secara bersamaan sampai layar menyala
Recovery Mode Samsung Galaxy Note N7000
Tekan tombol Volume UP+Home+Power > tunggu sampai muncul tulisan Galaxy Note, setelah itu lepas ketiga tombol tersebut
Demikianlah sedikit tutorial cara memperbaiki handphone Android yang tidak dapat start, bootlop, brick, lupa password, PIN, salah memasukkan pattern / pola pengunci Android, dll.
Daftar cara masuk ke recovery mode Android yang saya sebutkan di artikel memang masih sedikit.  Bila jenis atau merk handphone Anda tidak tertera diatas, Anda dapat mencoba mencari tahu cara masuk ke recovery mode di Internet atau di forum-forum Android. Bila sudah mengetahuinya, Anda dapat menginformasikan caranya melalui form komentar dibawah, info dari Anda bisa berguna buat yang lain. Terima kasih :)



62 komentar:

  1. pak mau tanya,saya punya handphone sony experia ray,entah kenapa waktu saya restore backup data dari CWM habis itu nggak mau masuk sisteim andoidnya,hanya ada nama label sony sebagai vendornya,masuk CWM lagi juga nggak bisa. itu kenapa pak? saya tunggu lama juga sama saja masih ngak mau masuk android.
    mohon pencerahannya saya harus apa pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya hp saya juga sama hp saya sama hp anda permasalahnya sama dan cara mengatasi nya gimana?

      Hapus
  2. Sore gan q mau tanya
    q punya masalah dg tablet q bisa nyala tapi sampe logo android aja dan ga mau masuk menu recorvri gimana solusinya?

    BalasHapus
  3. sore gan, ace 2 saya pas di hidupin nyala terus di logo samsungnya gak mau lanjut ke menu
    udah coba reset tetep aja kaya gt.

    BalasHapus
  4. Semar Mesem15 Februari 2013 01.38

    sore gan, ace 2 saya pas di hidupin nyala terus di logo samsungnya gak mau lanjut ke menu
    udah coba reset tetep aja kaya gt.

    *sama gan ane juga gitu tidak masuk ke menu hanya logo samsung saja kenapa yah dan cara mengatasinya gimana #ace2 GT-I8160

    BalasHapus
  5. kala imo tab x1 gmn tuh gan?

    BalasHapus
  6. gan kalo mito gimana cara recoverynya?

    BalasHapus
  7. Kalau A2 cuma masuk ϑī android system recovery2 mutar-mutar disitu saja gimana gan solusinya

    BalasHapus
  8. gan ,ane minta bantuannya bgt.
    kemaren ane coba rooting. ternyata gagal. trus ane coba hidupin nih hh(cross a18) ternyata stuck di logo cross aja.ane coba 2 lagi gak ada kemajuan. ane coba reset factory hasilnya nihil alias gak ke buka menu reset factorynya. tadi ane coba bawa ke cross centre di sana bilang harus tinggal 2 minggu ( uh... lamanya). ane coba di service di roxy gak ada yg bisa. kira2 apanya ya gan. mohon pencerahan, yg lebih cerah.....
    iix_s@hotmail.com
    fb ane pakai email itu juga gan.
    thanx gan, moga2 ilmu ente tambah master.

    BalasHapus
  9. Gan Acer Iconia tab gua kok stuck di nama vendor doang. cara mencet recovery mode gimana?

    BalasHapus
  10. met pgi gan nnie aye mo tanya.....kenapa setelah perbaharui software kok hp ane mati total, merk hp samsung galaxy gio. gmn yh cara hidupkan kembali...makasih gan atas infonya

    BalasHapus
  11. sore gan, mau tanya nih. ane punya samsung galaxy wonder udeh upgradean sendiri. kira2 beberapa bulan kebelakang, nah yang jadi masalahnya pas ane mau ganti kartu terus d idupin lagi kagak bisa di charging malah ngga support malahan yang lebih parahnya gambar batre itu idup mati sendiri dan logoupgrade an gua ilang..gmna cara ngatasinnya gan. makasih

    BalasHapus
  12. sippp ok.......tpi disini ada tulisan begin to to fatse test

    BalasHapus
  13. saya mau tanya. SG Note 2 saya mati setelah download aplikasi. stelah itu gak mau nyala. setiap tekan tombol power lampu led merah saja yg berkedip. mohon pencerahannya.....

    BalasHapus
  14. terima kasih yaaa, saya dah cari semua blog di google tp ada yang bilang download dulu, setelah saya temukan blog ini, hp saya kembali normal. makasih ^^

    BalasHapus
  15. terima kasih gan atas infonya yang sangat bermanfaat bagi saya

    BalasHapus
  16. saya mau tanya, saya baru beli tabulet Z10..terus, saya colokin modem..abis itu mati, setelah dinyalakan cuma muncul tulisan tabulet dan android..apa gara-gara saya tancapkan modem ya? solusinya bgmna?

    BalasHapus
  17. Terimakasih banyak, sangat membantu :)

    BalasHapus
  18. slamt siang gan, saya py samsung galaxy note1 n7000 abis uninstall slh satu app trus restart sendiri langsung stuck on logo, trus saya masuk recovery masuk ke download mode ,, trus muncul downloading,,, na apakah memang waktu downloading ini lama yah?? sudah 4jam an hp saya maseh muncul downloading apakah ada cara lain untuk kembali ke kondosi normal?? mohon info bantuan nya tq..

    BalasHapus
  19. Mau tanya dong, ini hp ade gw merk samsung galaxy young tiba2 aja minta update software nah krn ade gw nggk ngerti, dia maen update aja nah berhasil didownload tp tiba2 tuh hp mati sendiri otomatis sm ade gw dinyalain lg kan tp malah minta instal trs dan selalu stuck di 48%. Alhasil hpnya nggk mau ke menu. Gmn solusinya?

    BalasHapus
  20. gan, biasanya berapa lama yah nunggu prosesnya?
    apa nanti begitu dinyalain langsung applikasinya ilang?

    BalasHapus
  21. yang pd nanya2 tu sebenarnya paham ga si dengan postingan di atas....menurut saya pertanyaan nya semua ada jawabanya di postingan kaaan...simak baik2 yaa

    BalasHapus
  22. Gan ane punya samsung ace 2. Cara sama tombol reset factorynya sih udah ngerti, cuma pas dipencet tombolnya malah nge-blank item layar nya. Udah di ciba flashing jg tetep ga bisa. Kenapa yah gan? Tolong respon nya gan. Makasih

    BalasHapus
  23. Gini aja,,, rendam aja hp kalian semua kedalam air panas,, mudah2an beres :)

    BalasHapus
  24. Gini aja,,, rendam aja hp kalian semua kedalam air panas,, mudah2an beres :)

    BalasHapus
  25. terima kasih sangat membantu :)

    BalasHapus
  26. permisi

    mau nanya apa tidak ada cara lain untuk masuk ke recover mode? sudah dicoba tapi tidak mau
    kalok ada tolong kirim email ke tasia154@gmail.com

    BalasHapus
  27. baru saja hp saya terjatuh, yang muncul melainkan seperti peringatan. gimana yah gan??
    baca selengkapnya

    BalasHapus
  28. Gan mao tanya hp sya klo d idupin bisa
    Tapi d layarnya gx tampil sma skali Tapi d sntuh layarnya getar..... Tolong solusinya ya

    BalasHapus
  29. mau nanya mas apa penyebab nya ketika saya hidupkan samsung saya cuman nyala sampai logo samsung doang apa masalah nya itu

    BalasHapus
  30. numpang juga mau nanya pak, saya mempunya "Samsung Galaxy Note II GT-N7105", masalahnya nga bisa diakses. di layar gelap, namun hanya ditampilkan di layar itam itu adalah ditulis "Samsung Galaxy Note II GT-N7105". bagaima cara saya bisa mengaksesnya? apakah ini tanda-tanda hp saya telah rusak?. terima kasih atas penjelasannya.

    BalasHapus
  31. Numpang tanya gan hp saya galaxy s4,kemaren waktu saya colokin jek audio kehp saya,tiba2 langsung mati..coba untuk dihidupkan kembali yg keluar hanya logo..HARAP BANTUANNYA GAN TRIM''S.

    BalasHapus
  32. Numpang tanya gan hp saya galaxy s4,kemaren waktu saya colokin jek audio kehp saya,tiba2 langsung mati..coba untuk dihidupkan kembali yg keluar hanya logo..HARAP BANTUANNYA GAN TRIM''S.

    BalasHapus
  33. hp ade saya smartfren c2 pas di nyalain kok cuman gambar nama smartfren doang trus di nyalain terus malah gk ke menu tuh kenapa ya ?

    BalasHapus
  34. gan kenapa dengan cara yg diatas samsung ace 3 ku belum bisa hidup yaa,,,infonya mkasi

    BalasHapus
  35. gan kenapa dengan cara yg diatas samsung ace 3 ku belum bisa hidup yaa,,,infonya mkasi

    BalasHapus
  36. Terimakasih banyak, artikel ini sangat membantu sekali🙏👏👏👏

    BalasHapus
  37. mau saya punya hp samsung ac3 waktu dihodupkan hanya muncul logo samsung saya tungggu lama tidak bisa masuk kemeu bagaimana caranya bisa masuk kemenu tersebut

    BalasHapus
  38. Masukkan komentar Anda...untuk J1 bagaimana....

    BalasHapus
  39. tanya ya gan...hpku android evercoss a65 habis tak reset kok gak bisa nyala lagi..muncul gambar loading trus..bagaimana caranya ya...trims

    BalasHapus
  40. Gan hp samsung a3 touchsreennya gak respon tapi key backnya normal.
    Mohon pencerahan...

    BalasHapus
  41. bagaimana jika hape nya mati total?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di Lem biru aja mas.. di lempar beli yang baru...wkwkwk😆😆😆

      Hapus
  42. mau tanya dung saya abis ganti lcd samsung j700f, sesudah ganti lcd hpnya langsung tidak bisa nyalah hanya sampai logo saja itu knp yah??

    BalasHapus
  43. Maaf pak saya mau tanya hp samsung galaxy v plus saya mengalami hal yang di jelas bapak di atas tadi.
    Saya mau tanya pak kenapa hp saya kalau lagi main hp selalu muncul
    Kata kata (fb terhenti,vidmate terhenti & nama nama aplikasi yg lain) mohon jawabanya :) (:

    BalasHapus
  44. Hp sony saya layar tdk bs hidup alias hitam semua krn td ada peringatan sistem android terhenti tp klu ada wa atau tlp masuk msh berbunyi..gmnacara ngidupkannya gan....

    BalasHapus
  45. Saya punya keluhan gan,hp saya samsung J1 ace,dinyalain tpi nggk muncul logo samsung,tapi cuma ada tulisan apa gitu,saya nggk tau,solusinya gimn gan?

    BalasHapus
  46. Minn... Saya mau tanya,, hp saya Samsung A8+2018. Kondisi nya saat ini saat saya coba menyalakan, layar tidak muncul logo samsung. Layar nya hanya berkedip2 disusul dengan hp bergetar, kondisi seperti ini terus berulang2 setiap jangka waktu 7 detik. Mohon solusi nya ?..
    Trimakasih

    BalasHapus

  47. Wow, what scr888 download 2019 a blog! I mean scr888 login you just have scr888 android and ios download so much guts to go ahead and tell it like it is. Youre scr888 android and ios download what scr888 company malaysia blogging needs, an open minded superhero who isnt afraid to tell it like it is. This is definitely scr888 login download something people need to be up on. Good luck in the future, man

    BalasHapus
  48. PERMAINAN ONLINE TERBESAR DI INDONESIA

    Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia ^^
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat :)
    Memiliki 8 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino

    - Adu Q
    - Bandar Q
    - Bandar Sakong
    - Bandar Poker
    - Poker
    - Domino 99
    - Capsa Susun
    - BANDAR66 / ADU BALAK ( GAME TERBARU )

    Permainan Judi online yang menggunakan uang asli dan mendapatkan uang asli ^^
    * Minimal Deposit : 20.000
    * Minimal Withdraw : 20.000
    * Deposit dan Withdraw 24 jam Non stop ( Kecuali Bank offline / gangguan )
    * Bonus REFFERAL 15 % Seumur hidup tanpa syarat
    * Bonus ROLLINGAN 0.3 % Dibagikan 5 hari 1 kali
    * Proses Deposit & Withdraw PALING CEPAT
    * Sistem keamanan Terbaru & Terjamin
    * Poker Online Terpercaya
    * Live chat yang Responsive
    * Support lebih banyak bank LOKAL


    Contact Us

    Website SahabatQQ
    WA 1 : +85515769793
    WA 2 : +855972076840
    LINE : SAHABATQQ
    FACEBOOK : SahabatQQ Reborn
    TWITTER : SahabatQQ
    YM : cs2_sahabatqq@yahoo.com
    Kami Siap Melayani anda 24 jam Nonstop

    Daftar SahabatQQ
    #sahabatQQ #winsahabat #windaftar #AgenBandarQ #Domino99 #DominoQQ #88sahabat #88sahabatQQ

    BalasHapus
  49. Assalamualaikum gan,aku mau tnya masalh hp samsung galaksy j1 ace

    Hp ku ssah di nyalain,,pdhl gk dlm keadaan mati,,tpi susah bnget di nyalain,udh di tekan tombol power sama home,gk mau nyala nyala jga,,,,harus tekan berkali kali sampai hidup..
    Ada gk solusi cepatnya,,biasanya klo mau buka hp kn sekali tekan langsung masuk menj,,ini gk mau sekali tekan,,,hrus berkali kali sampe aku capek sndiri,ada gk cara mudah mengatasinya gan???



    Trus masalah satunya,,hpku ssring tekan² sndri,sering bnget kembal sndiri sama daftar aplikasi terbaru,gk ada tekan pkai tngan,tpi hp nya sndiri yg berulah,,gmna tuh cara mengatasinya,maih hp yang sama,mohon jwbnyanya gan
    Mohon di jawab ya

    BalasHapus
  50. Siang kak, mau tanya kak aku pnya hp Samsung s4 ini di Case lmpu letnya nyala dan getar saat di Star hidupkan tpi layarnya gk nyala/mati,bsa bntu solusinya untuk memperbaiki,nya kak? Trmakasih

    BalasHapus